Selasa, 15 Januari 2013

RANCANGAN EVALUASI PROGRAM


          Sekilas tentang Rancangan Evaluasi
Apa saja yang termuat  didalam rancangan? Agar lebih mudah memahami rancangan, dalam bagian ini akan dijelaskan sedikit tentang proposal, khususnya bagian-bagian yang harus termuat didalamnya. Secara umum proposal terdiri dari dua bagian besar, yaitu bagian pendahuluan dan bagian metodologi. Pendahuluan menjelaskan semua hal termasuk penjelasan tentang program dan alasan evaluasi diadakan, sedangkan dalam rancangan hal-hal yang tidak menyangkut langkah tadi tidak dituliskan, beberapa hal hanya dikemukan secara singkat kecuali prosedur kerja yang menunjukkan langkah-langkah kegiatan.
Berdasarkan uraian diatas dapat dijelaskan hal-hal yang dicantumkan dalam sebuah rancangan evaluasi, yaitu:
            a.      Judul Kegiatan
Menyebutkan isi pokok kegiatan evaluasi yang mencantum nama kegiatan, program apa yang dievaluasi (Bagian dari Program), dan dapat juga mencantumkan model yang digunakan serta menyebutkan unit dan lokasi program.
            b.      Alasan Dilaksanakan Evaluasi
Menjelaskan adanya kebijakan tentang program yang menjadi objek sasaran, perkiraan adanya hambatan tentang pelaksanaan atau alas an mengapa perlu dilaksanakan evaluasi.

            c.       Tujuan
Ada dua bentuk tujuan, umum dan khusus,Dalam tujuan disebutkan secara rinci target yang harus dicapai dari evaluasi.banyaknya butir tujuan tidak dibatasi, tetapi menunjukan batasan sekurang-kurang tiga kalimat,dan sebaiknya tidak lebiha dari lima kalimat.

            d.      Pertanyaan Evaluasi
Merumuskan beberapa pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui kegiatan evaluasi.

            e.       Metodologi yang digunakan
Menjelaskan tentang objek sasaran evaluasi yang dihasilkan dari identifikasi komponen program dan indicator, sumber data yang di gunakan instrument yang digunakan sebagai perlengkap metode pengumpulan data.

            f.        Prosedur Kerja dan Langkah-Langkah Kegiatan
Membicarakan hal-hal yang berkaitan  dengan proses yang akan ydilalui oleh petugas evaluasi program. Berdasarkan judul materi ini, maka terdapat dua hal yang perlu dipahami,yaitu
            a.       Prosedur kerja
            b.      Langkah-langkah kerja
  Langkah-langkah kegiatan,yaitu langkah demi langkah semua kegiatan,sejak proses pemahaman terhadap program, menyusun instrument dan mengujicobakan, mengumpul data, menganalisis data, dan menyusun laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar