Selasa, 15 Januari 2013

KONSEP DASAR EVALUASI PROGRAM


A. Definisi Evaluasi Program
  1. Menurut Arikunto (1999: 290) "Evaluasi program adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan sengaja untuk melihat keberhasilan program".
  2. Evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan.
  3. Evaluasi program merupakan alat bantu bagi pimpinan suatu organisasi dalam membuat suatu keputusan dan sebagai suatu alat manajemen (management tool).
  4. Evaluasi program adalah langkah awal dalam supervisi, yaitu mengumpulkan data yang tepat agar dapat dilanjutkan dengan pemberian pembinaan yang tepat pula.
  5. Evaluasi program merupakan sebuah proses untuk mengetahui apakah sebuah program dapat direalisasikan atau tidak dengan cara mengetahui efektifitas masing-masing komponennya melalui rangkain informasi yang diperoleh evaluator (Kirkpatrick 1996: 3).
  6. Evaluasi program adalah proses untuk mengetahui apakah tujuan pendidikan sudah dapat terealisasikan (Tyler, 1950)
  7. Evaluasi program adalah upaya menyediakan informasi untuk disampaikan kepada pengambil keputusan. (Cronbach & Stufflebeam)
Dalam bidang pendidikan ditinjau dari sasarannya, evaluasi ada yang bersifat makro dan ada yang mikro. Evaluasi yang bersifat makro sasarannya adalah program pendidikan, yaitu program yang direncanakan untuk memperbaiki bidang pendidikan. Evaluasi mikro sering digunakan di tingkat kelas, khususnya untuk mengetahui pencapaian belajar peserta didik. Pencapaian belajar ini bukan hanya yang bersifat kognitif saja, tetapi juga mencakup semua potensi yang ada pada peserta didik. Jadi sasaran evaluasi mikro adalah program pembelajaran di kelas dan yang menjadi penanggungjawabnya adalah guru untuk sekolah atau dosen untuk perguruan tinggi (Djemari Mardapi. 2000: 2).
Evaluasi tidak hanya bertumpu pada penilaian hasil belajar, tetapi juga perlu penilaian terhadap input, output maupun kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Optimalisasi sistem evaluasi menurut Djemari Mardapi (2003: 12) memiliki dua makna, pertama adalah sistem evaluasi yang memberikan informasi yang optimal. Kedua adalah manfaat yang dicapai dari evaluasi. Manfaat yang utama dari evaluasi adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan selanjutnya akan terjadi peningkatan kualitas pendidikan.

B. Ciri-ciri evaluasi program

  1. Memiliki kriteria sebagai penentuan nilai untuk mengetahui apakah program berhasil atau gagal.
  2. Ada perbanding antara kriteria dengan yang telah ditentkan dengan kenyataan yang ada dilapangan
  3. Membandingkan suatu program dengan program yang lain
C. Manfaat evaluasi program
  1. Menentukan nilai suatu obyek atau peristiwa dalam konteks tertentu. Contoh: membandingkan program RSSN dengan SBI.
  2. Menyajikan informasi untuk judgement (keputusan) menyajikan berbagai alternative untuk kebijakan yang terbaik.
  3. Melihat kemungkinan dampak dari suatu kebijakan yang akan diambil
D. Tujuan Evaluasi program
  1. Menghasilkan informasi yang dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan , penyusunan kebijakan maupun penyusunan program berikutnya.
  2. Informasi yang dihasilkan dievaluasi , agar berfungsi maka program harus komperhensif , valid,realible dan tepat waktu dalam penyampaian
E. fungsi Evaluasi program
  1. Pokok: Menentukan tingkat keberhasilan dan pencapaian suatu program (positif atau negative)
  2. Sasaran: Menemukan bukti nyata dari peningkatan yang terjadi setelah dilaksanakan program.
F. Manfaat evaluasi program
• Bagi Lembaga
Untuk meningkatkan pogram dalam mencapai tujuan, Sbg pertanggung jawaban atas tugas kepada stake holder, pimpinan, sponsor. Dan sebagai bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan bahwa program perlu dilanjutkan, program perlu dilanjutkan, ditambah dananya karena merasa perlu, dana dikurangi karena kurang manfaatnya. Atau program dihentikan sama sekali karena menimbulkan dampak negative.
• Bagi pimpinan
Menentukan nilai suatu objek / peristiwa dalam konteks tertentu, guna meningkatkan atau memperbaiki suatu keadaan dan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil alternative kebijakan.

Sumber :
http://fuddin.wordpress.com
http://re-searchengines.com
http://els.bappenas.go.id
Arikunto, Suharsimi & Safrudin A. J., Cepi.2004.Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.

1 komentar:

  1. The Casino Site Review | Lucky Club Casino
    The casino site offers great slots, live dealers and table games. The selection of a luckyclub wide range of video poker, baccarat, roulette and baccarat games is

    BalasHapus